Sabtu, 03 April 2010

Family Time : a story about my nephew

Hay!!
welcome to my another post..
di postingan kali ini aku mau cerita tentang salah satu keponakan aku..
oke,sampe juga kita di bagian tentang keluarga..
kenapa keponakan yg aku ceritain?
hey,karna aku sayang sekali sama dia..
dan menurutku dia anak yg hebat sekali..
oh jangan pikir aku bilang seperti ini karna dia kponakanku sendiri..
its just the way he is..
and i will tell you about how great he is,now..

sebelumnya aku akan ceritain dulu latar keluarga yg di miliki oleh keponakan aku..
yang mau aku ceritain ini adalah keponakan pertamaku..
dia anak pertama dari 3 bersaudara..
dia cowok,umur 5 tahun,oke masih TK..
ibunya (dalam hal ini berarti kakak ku) juga ayahnya berangkat kerja tiap pagi dan pulang malem..
jadi otomatis ketiga keponakanku ini dijaga pembantu sehari hari..
karena juga aktifitasku biasanya sekolah sampai sore..
jadi ga bisa bantu jaga mereka seharian..

hey dengan segala keadaan yg harus dia terima seperti ini..
aku sangat berharap dia tumbuh jadi anak yg normal..
maksudnya normal ya mungkin tumbuh seperti anak biasanya..
bermain,belajar,tanpa harus merasa sedih dengan sering absennya kehadiran orang tua mereka di tengah kegiatan mereka sehari hari..
aku berharap dia juga jadi anak yg pintar dan ga manja..
tapi dengan segala perhatian yg mungkin kurang aku dan orang tua nya kasih ke dia,wah aku takut banget dia tumbuh jadi sosok yg membenci kami ,penyendiri,atau sulit bergaul..

sering aku liat kaya misalnya adik temen ku,atau mungkin sepupu sepupu ku di bengkulu sana yg seumuran keponakanku..
yang namanya ke sekolah dianterin..
makan disuapin..
atau anak anak itu minta mainan yg baru aja mereka liat,ga jarang aku liat orang tuanya langsung beliin seketika itu juga..
padahal apa apa yg diminta anak anak itu terkadang suka ga guna..
ga jarang aku lihat ada anak yg menangis sejadi jadinya kalo keinginan mereka ga terpenuhi..
ga ngertiin keadaan orang tua deh pokonya..
kayak ada sepupuku di bengkulu umur sekitar 6 atau 7 tahun terus dia minta handphone samsung corby eh dibeliin sama orang tuanya..
padahal kan ga penting juga anak seumuran dia punya handphone..
haha..
ah mungkin kalo baca ini kalian mikir namanya juga anak anak..
iya,kebanyakan anak anak emang kaya gitu sifatnya..
dan kebanyakan temen temen keponakanku ya yang modelnya begitu..
aku takut banget dia jadi minder atau apalah ..
karna dia bukan anak yg dibiasaain kaya gitu..
dan diajarin kalo menangis itu bukan cara mendapatkan sesuatu..

wah,kebayang dong gimana takut dan khawatirnya kami ngeliat dia..
sedih,mau kasih perhatian banyak paling cuma saat weekend..
tapi aku dan kakak ku mau jadiin dia anak yg hebat walau keadaan seperti ini..
kami mau dia jadi anak yg banyak bisa..
ibunya itu jago dibidang matematika,jadi dia diajarin matematika sama ibunya..
ayahnya kerja di bidang IT,jadi dia diajarin komputer sama ayahnya..
kakak kedua ku jago bahasa inggris,jadi dia diajarin sama bahasa inggris sama kaka kedua ku..
aku lumayan bisa gambar,jadi aku ngajarin dia tentang membuat bentuk dan menggambar..
dan kami juga memberlakukan sistem reward dan hukuman..
ya!kami pikir untuk menjadikan anak disiplin harus mengajarkan bahwa segala hal yg dia lakukan akan selalu ada konsekuensinya..
seperti kalau misalnya keponakanku itu dapet nilai yg bagus,naik level,atau tidak nakal hari ini,
biasanya kakak ku akan kasih dia hadiah sesuai keinginan dia (tentu dilihat dulu baik buruknya barang yg diminta)
biasanya dia cuma minta mainan,makanan,buku,games..
tapi kalau dia nakal seperti bolos sekolah atau mengaji atau les..
atau bahkan berbuat ga sopan kepada yg tua dan nakal sama adiknya..
hukumannya ga tanggung tanggung..
kakak ku tega kasih dia hukuman seperti sikat kamar mandi,menyapu,melap kaca atau yg lain..
kaka ku ga minta hukuman itu harus dijalanin keponakanku dgn maksimal banget kaya yg sikat kamar mandi sampe bersih banget..
ga gitu,itu cuma buat kasih pelajaran aja ke keponakanku..
hasilnya dari semua pelajaran itu adalah...
haha.. terkadang dia bisa jadi romantis..
suka tiba tiba bilang,"Anty Jessi.. I Love You.."
atau perhatian ke adek nya terus bilang "Degreat.. big hug..."
haha..
dan dia bisa install games yg sudah di input di komputer rumah..
dan mainin layaknya profesional..
mengoperasikan komputer dan melakukan setting dasar..
berhubung dirumah dia biasa sama si bibi yg sebernya juga repot ngurus kedua adiknya itu..
kasian, dia harus mau untuk makan sendiri,ganti baju sendiri,mandi sendiri,kesekolah naik sepeda sendiri,atau jalan kaki ke tempat les nya yg buat aku jauh juga..
juga kalo misalnya ada acara berenang di sekolahnya kalo anak anak lain ibunya pada ikut buat jagain,kalo keponakan aku dia berangkat sendiri..
ngurus sendiri disana dibantu gurunya aja..


karena ga pernah di manja sama barang barang mewah..
dia ga pernah yg namanya ngotot minta tas atau sepatu yg mahal..
malah biasanya kalo dibeliin yg mahal dia justru minta yg biasa..
haha.. aneh emang ..
tapi itulah keponakanku..

dan hey,aku sadar sekarang kalo sampai sejauh ini dia sudah menjadi seorang anak yg lebih dari yg aku harapkan tadi..
buat aku dia udah cukup mandiri untuk anak seusianya..
haha,aku pernah bilang sama temenku kalo di keluargaku kemandirian itu dituntut lebih banyak..
sekarang aku baru sadar kalo keponakanku juga dapet dampaknya..

mungkin ga ada yg bisa aku ucapin kedia selain satu..

bangga..
yap,aku bangga punya keponakan keponakan yg hebat semua..
cerdas..
sorry kalo terlalu ngebanggain..
haha..

okhe,cukup segini aja..
dan aku terus berharap kalo semua keponakanku akan menjadi hebat..
lebih hebat seiring mereka dewasa nanti..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar