Kamis, 07 November 2013

Cerita Perjalanan : Dicurhatin Supir Angkot




Pagiku hari ini berjalan seperti pagi-pagiku yang biasanya. Terbangun pukul lima pagi dengan keadaan masih ngantuk. Belum mau berpisah dari kasur. Kemudian masih dalam ‘zombie mode’ menuju kamar mandi untuk mandi kemudian sholat. Lalu bersiap-siap berangkat kerja tentunya. Ups! Salah. Berangkat magang. Baru sebulan jadi anak magang udah berasa anak kantoran aja. Haha.

Kebetulan selama tiga bulan ini aku sedang magang di sebuah perusahaan media online Indonesia. Ya, aku magang di Kompas.com tepatnya di editorial department, kanal video. Magang disana mengharuskan aku untuk bolak balik Palmerah-Bekasi karena kantorku memang di Palmerah.


Udah ah, dari tadi cerita magang terus. Sebenarnya bukan itu yang ingin aku bicarakan. Kali ini aku mau bercerita tentang kejadian yang aku alami tadi pagi saat perjalanan menuju kantor. Jadi begini, pukul setengah tujuh aku berangkat dari rumah. Aku harus berangkat sepagi itu karena aku harus naik angkot untuk mencapai stasiun. Perjalanan di angkot bisa memakan waktu satu jam sendiri loh. Aku ngejar kereta jam 7.30 jadi ya emang paling pas aku berangkat dari rumah jam setengah tujuh.

Aku berjalan kaki dari rumah menuju pemasaran. Itu nama tempat di daerahku yang biasa aku datengi buat nunggu angkot. Aku ga lama nunggu disana karena angkot 15a tau-tau udah nongol aja. Seketika aku langsung memilih tempat duduk favoritku kalo naik angkot. Yaitu di depan disebelah supir. Ada dua tempat sih yang jadi favoritku kalo di angkot. Yaitu sebelah supir dan di belakang paling pojok. Tapi pagi ini aku mau duduk di depan nemenin supirnya. Haha.

Nah ini dia nih yang bikin perjalananku menuju stasiun pagi ini agak berbeda. Kamu tau gak? Aku dicurhatin sama supir angkot! Aku gak pernah bawel sih selama di perjalanan. Masalahnya mau bawel sama siapa? Aku ga pernah ngobrol sama supir disebelahku sebelumnya. Tapi supir ini entah kenapa ngajakin aku ngobroooolll mulu. Apa mungkin pagi ini aku lagi cakep dan wangi banget kali ya? Haha. Entahlah. Tapi yang pasti, curhatnya lumayan bikin aku harus nahan air mata selama diperjalanan. Malu dong nangis depan supir apalagi karena denger dia curhat.

Emang dia curhatin apaan sih sampe aku harus nahan nangis?

Well sebenernya kamu ga usah bingung gitu. Karena sebenernya aku ini juga cewek cengeng. Apa aja bisa aku tangisin. Hehe.

Bermula dari ibu-ibu di belakang yang naik angkot untuk anter anaknya ke sekolah. Ibu itu cerita ke sesama penumpang disana tentang rajinnya anaknya itu.


“Anak saya tadi bilang gini ‘gapapa mah kalo sakit dikit, aku harus tetep masuk sekolah, kan kata mama kalo mau pintar harus sekolah’”. Makanya saya semangat anterin dia sekolah” kata dia ke ibu-ibu yang juga penumpang.
“Wah pinter banget ya bu anaknya. Ngedengerin kata orang tua terus semangat belajarnya.”

“Iya makanya saya bangga banget nih sama dia.”


Begitulah kira-kira percakapan yang aku dengar di bangku belakang. Aku mungkin ga bisa liat tampang ibu serta anaknya itu. Tapi aku juga ngerasain betapa senangnya dibanggakan depan orang lain kaya gitu. Diam-diam aku tersenyum mendengarnya.

Kemudian ga ada angin ga ada hujan dan ga ada petir juga, si supir angkot disebelahku yang kayanya hanya satu atau dua tahun lebih tua dariku nyamber omongan ibu-ibu di belakang. Padahal dia ga diajak gambreng tapi dia ikutan *apasih?*. Dia bilang gini :


“Adek saya juga sama bu. Rajin bener sekolahnya. Orang tua saya ibarat kata mah udah ga kerja lagi bu. Jadi saya jadi supir angkot gini ya buat keluarga saya lah. Adek saya itu kalo ama orang tua saya masih bisa ngelawan dia bu. Masih suka ga nurut. Tapi kalo sama saya mah, beuh, saya pelototin juga udah takut dia. Cuma kalo dia sadar tuh dia salah, dia ngerasa terusnya minta maaf sama saya.”


Ya sebenernya timpalan si supir angkot ini ga nyambung juga sama obrolan ibu-ibu tadi. Tapi tetep aja disambut hangat sama si ibu-ibu.


“Iya ya mas. Asal kita ngedidiknya bener sebenernya kalo mau dikerasin anak juga ngerti kalo itu untuk kebaikan dia.”


Ga lama setelah itu ibu-ibu yang tadi ngobrol pun turun. Dan aku melanjutkan perjalanan di angkot itu. Aku yang sedari tadi hanya mendengarkan obrolan mereka tiba-tiba dikagetkan dengan kelakuan si supir. Ternyata supir itu masih ingin membahas tentang adiknya dan giliran aku yang harus mendengarkannya.


“Saya mah bangga mbak sama adek saya. Dia nih kalo ada apa-apa kaya belom bayar sekolah atau berantem di sekolahan dia pasti larinya ke saya mbak. Saya mikir Alhamdulillah bisa jadi ibaratnya orang yang diandelin lah sama adek saya. Biar kata saya Cuma supir angkot nih tapi adek saya ga malu gitu punya abang kaya saya. Malah nempel banget dia sama saya.”



“Adek saya tuh ga suka dibohongin mbak. Pernah waktu itu saya janji kasih dia hadiah special kalo dia ulang tahun. Nah pas dia ulang tahun, saya lagi ga punya duit. Saya ga bisa beli dia kado. Marah dia sama saya. Dalem hati saya sedih banget kenapa ga bisa kasih sesuatu buat adek saya di hari spesialnya dia. Tapi dia marah sama saya ya saya terima karena emang saya salah. Saya udah janji dan saya langgar.”

“Saya juga salut bener sama adek saya. Biarpun masih kecil kaya gitu, dia udah tau mana salah bener. Kalo dia salah dia berani mbak ngaku terus minta maaf.  Bertanggung jawab, ngakuin kesalahan. Tapi kalo dia bener terus disalahin dia bakalan ngelawan tuh. Dia ga ngerasa salah. Berani dia mbak, saya salut bener itu.”



“Pernah ya mbak. Waktu itu saya sama adek saya abis sholat. Terus saya denger adek saya berdoa. Doanya gini mbak ‘ Ya Allah, lindungillah abang hamba selama dia kerja. Lapangkanlah rejekinya. Jauhilah dia dari segala marabahaya. Ya Allah, mohon ampunilah segala dosa yang pernah abang saya perbuat baik yang sengaja atau ga sengaja. Jauhilah abang hamba dari siksa api neraka.’. Ngedenger doanya itu langsung nyes saya mba. Langsung nangis saya mba. Terharu. Bersyukur saya punya adek yang sayang banget sama saya. Saya Cuma bisa bilang amin sambil nahan air mata”



“Sebenernya ngeliat orangtua saya kaya begitu saya bisa aja lari mbak. Ninggalin adek saya. Tapi saya inget nih mbak pesen nenek saya sebelum dia meninggal. Dia bilang ke saya,
‘di, lu kan punya adek bontot. Nanti kalo nenek udah ga ada nenek pesen bener nih di sama lu. Minta tolong banget nih di.’
‘apaan nek?’
‘pertama, lu doain nenek terus. Kedua, lu jagain itu adek lo. Lo harus bisa ngedidik dia sampe sukses. Jangan kemana-mana lu pokoknya harus tetep lindungin keluarga. Adek lo dididik biar jadi anak baik-baik’
Tuh mba. Saya pegang bener dah kata-kata nenek saya itu. Kalo ngeliat sekrang saya juga cukup banggalah sama diri saya sendiri. Akhirnya saya mampu juga didik adek saya sampe sukses. Suksesnya, dia pinter di sekolahan. Makanya saya kaya gini supaya nasib adek saya lebih baik dari saya mba.”


Aku terus mendengarkan supir ini bercerita tentang adiknya sampai aku tiba di stasiun. Selama dia bercerita aku tak banyak memberi respon. Aku hanya tersenyum dan menyimak. Dan dia tampak tidak terganggu dengan responku. Rasanya dia hanya ingin bercerita tentang bangganya dia pada adiknya.

Sesampainya di stasiun aku memberikan uang ongkosku kepadanya sambil mengucapkan terima kasih. Bukan terima kasih karena telah mengantarku dengan selamat dan tepat waktu, tapi terima kasih karena ceritanya yang indah pada pagi itu dan cukup membuatku menahan haru.

Kenapa harus sedih jessi?

Rasanya bahagia melihat orang lain membanggakan orang yang special miliknya. Mendengar ibu yang membanggakan anaknya. Mendengarkan seorang kakak yang membanggakan adiknya. Membanggakan orang lain membuat kita juga bangga kepada diri sendiri. Sedangkan membanggakan diri sendiri ga bisa bikin orang lain turut bangga dengan kita. Dan dibanggakan adalah the best feeling in the world.

Dari cerita supir tadi aku melihat wujud nyata cinta. Betapa seorang kakak rela menjadi batu pijakan agar adiknya bisa melompat lebih tinggi darinya. Walaupun sebenarnya adiknya belum berbuat banyak dan masih dalam perjalanan jauh menuju sukses. Tapi supir itu tetap merasa bangga pada adiknya. Adiknya yang dia didik.

Kadang mungkin orang tua, kakak, atau kekasih suka bersikap keras kepada kita. Seperti marah atau menyalahkan kita akan sesuatu. Tapi, ketika mereka bertemu orang lain dan menceritakan kita, kitalah yang mereka banggakan. Dan mereka ceritakan dengan mata menerawang serta senyum merekah. Ah begitu banyak cinta di dunia ini.

Mendengar curhatan supir tadi aku jadi bertanya-tanya sendiri. Pernakah aku dibanggakan di depan orang lain seperti itu? Aku mungkin tidak pernah tau. Tapi aku membanggakan orang lain. Dimana kesuksesan yang dia raih, aku merasa punya andil terhadapnya. Dan itu membuatku bangga dengan diriku sendiri. Bangga akan kesuksesan orang lain.

Aku masih menuju proses untuk sukses. Aku tidak tahu apa aku adalah sosok yang bisa dibanggakan. Tapi kelak aku pasti bisa. Ketika aku sukses, semua orang yang menopangku akan bangga padaku. I’m an awesome person in progress.

Setelah turun dari angkot, aku melanjutkan perjalananku dengan kereta. Perjalananku masih panjang. Tapi pagi ini aku bahagia. Siapa sangka mendengar curhatan supir angkot bisa membuatmu merasa lebih bersyukur pagi ini?



Ditulis di meja kerjaku.

Palmerah Barat, 8 November 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar