Selasa, 30 Oktober 2012

Berkah Lain Idul Adha

Hari Jumat (26/10) pukul 06.30 masyarakat berbondong-bondong menuju masjid terdekat. Mereka ingin melaksanakan sholat Idul Adha. Ibadah yang hanya bisa dilakukan setahun sekali. Masjid dan mushola pun ramai oleh jama'ah.
Tak terkecuali Mushola Al-Istiqommah. Sebuah mushola yang terletak di perumahan Pondok Ungu Permai, Bekasi Utara. Masjid ini ramai didatangi oleh jama'ah. Begitu ramainya, ruangan mushola sampai tidak muat sehingga jama'ah harus membuat shaf di jalanan. Jama'ah yang membuat shaf di jalanan menggunakan kertas koran sebagai alasnya. Setelah selesai sholat, koran-koran bekas itu tidak dirapihkan lagi. Pada akhirnya koran-koran bekas itu menjadi sampah yang mengotori jalanan. "Nanti juga ada yang merapihkan" ujar salah satu jama'ah di masjid tersebut.
Namun ternyata koran-koran bekas yang ditinggalkan jama'ah tersebut merupakan rejeki bagi orang lain. Usai pelaksanaan sholat Ied, koran-koran yang bertebaran di jalanan tersebut dipungut oleh pemulung. Marni (28) adalah salah satu pemulung yang memungut koran bekas di masjid tersebut. Dia berkata bahwa koran-koran tersebut akan dia jual. "Satu kilonya bisa dapat Rp.700" ujar wanita yang seluruh keluarganya berprofesi sebagai pemulung ini.
Salah satu pengurus mushola yang tidak ingin disebutkan namanya membiarkan hal ini. "Biarlah menjadi lahan rejeki bagi orang lain. Jadi berkahnya bukan hanya di daging qurban saja toh. Tapi juga koran-koran yang dipulung itu" ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar